Sabtu, 15 Oktober 2016

Humic Acid

Apa itu Humic Acid ?


Humic Acid adalah hasil pelapukan sisa-sisa tanaman dan binatang selama ratusn ribu bahkan jutaan tahun dan mengandung gugus asam organik yang sangat vital perannya bagi kesuburan lahan dan pertumbuhan tanama. Humic Acid/Asam Humic
TIDAK AKAN MEMBUAT TANAH SEMAKIN ASAM KERENA SIFATNYA BASAH.

Teori HumateAsam Humus (Humic Acid) adalah sebuah substansi yang memiliki struktur yang komplek dengan berat molekulu 1500. secara praktis tidak larut (insoluble) atau mengendap dengan asam tapi larut (soluble) dengan basa. Struktur kimia Humic Acid mempunyai banyak gugus fungsional antara lain Gugus karboksil (-COOH) dan gugus phenol (-OH), keduanya memilki muatan ion negatif sehingga mampu mengikat ion positif logam berat dan membentuk sebuah organo logam atau senyawa khelat (Chelate)Gugus kuinon yang mampu menangkap dan mengumpulkan energi sinar matahari dan merubahnya dalam bentuk tingkat energi yang lebih tinggi.

Manfaat Humic Acid Bagi Tanah Humid acid  bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. peranan humic bagi tanah adalah kaitan dengan perubahan sifat-sifat tanah, yaitu sifat fisika, biologi dan kimia tanah

3.PENGARUH HUMIC ACID PADA SIFAT BIOLOGI TANAH·      

Akibat pengaruh humic acid terhadap sifat fisika dan kimia tanah, sehingga menciptakan situasi tanah yang kondusif untuk menstimulasi perkembangan mikroorganisme tanah yang berfungsi dalam proses dekomposisi yang menghasilkan humus (humification).·     

Aktifitas mikroorganisme di atas tanah akan menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan seperti auxin, sitokinin., dan giberillin

AUXIN, berfungsi :* Merangsang proses perkecambahan biji ;* Memacu proses terbentuknya akar dan pertumbuhannya ;* Merangsang pucuk tanaman dan akar yang tak mau berkembang menjadi mampu berkembang kembali.

SITOKININ, berfungsi :* Memacu pembelahan dan pembesaran sel sehingga mampu memacu pertumbuhan ;* Merangsang pembentukan tunas-tunas baru ;* Mencegah kerusakan pada hasil panenan,sehingga lebih awet.

GIBERELIN, berfungsi :* Meningkatkan pembungaan dan pembuahan ;* Meningkatkan prosentase jadinya bunga dan buah;* Mengurangi kerontokan bunga dan buah ;* Mendorong partenokarpi atau pembuahan tanpa proses penyerbukan.

D. MANFAAT HUMIC ACID BAGI TANAMAN Humate bermanfaaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Terdapat dua proses penting yaitu:
1. Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang.
2.  Peningkatan penetrasibilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi untuk terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernapasan (respirasi) tanaman.Pembentukan sistem akar yang kuat dan panjang memberikan efek yang baik tanaman. Daya serap dan jelajah akar semakin maksimal untuk mencari unsur hara dan nutrisi dalam tanah. Kemampuan sel tanaman dalam menyerap nutrisi semakin baik, sebagai akibat dari kapasitas tukar kation (KTK) humic acid sangat tinggi (perlu diketahui bahwa penyerapan nutrisi oleh tanaman melalui mekanisme pertukaran ion).




http://www.erlimabrothers.co.id/product/pupuk-organik-humus-p415950.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar